PLN Takut Kita Tahu ! Ternyata Tanpa Sadar Penghisap Listrik Ini Banyak Tersebar Di Rumah Kita


Ternyata ada banyak sekali 'vampir listrik' di sekeliling kita. Vampir listrik adalah alat-alat elektronik yang masih menghisap energi walau sudah dimatikan, atau standby power. Vampir listrik membuat kita boros energi, tagihan listrik menjadi mahal.

Vampir listrik di rumah-rumah misalnya lampu di dekat jendela yang terus menyala meski siang hari, juga peralatan elektronik yang kerap dibiarkan terus dalam keadaan standby seperti Air Conditioner (AC), televisi, decoder, stereo set, home theater, modem internet, dan charger handphone.

Seperti yang dilansir detik.com "Banyak yang membiarkan vampir energi di dalam rumah. Misalnya daripada menyalakan terus lampu, mending buka jendela dan gorden biar terang. AC, TV, stereo set yang standby, juga charger handphone yang tidak dicabut juga vampir listrik," kata pengamat energi, Aris Yunanto, kepada detikFinance di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Mantan Direktur Utama PT Energy Management Indonesia (EMI) ini mengungkapkan, energi yang disedot vampir listrik tak terasa, sedikit demi sedikit menjadi bukit. "Vampir listrik ini nyedot nggak terasa, sedikit tapi jadi banyak. Mungkin dalam semalam bisa 5 Watt (W) per jam, jadi 50 W," ujarnya.

Vampir listrik muncul karena kebiasaan-kebiasaan sederhana. Misalnya setelah mengisi baterai handphone, banyak orang yang tidak mencabut charger dari stop kontak, hanya mencabut handphone saja. Padahal, charger yang tak dicabut dari stop kontak memakan listrik 1 W/jam.

"Atau TV yang terus standby, bisa 15 W/jam. AC standby terutama yang paling besar," tutur Aris.

Kebiasaan lainnya, pengguna televisi berbayar sering tidak mematikan decoder. "Kadang
TV-nya mati, tapi decodernya dicabut dari stop kontak juga nggak?" tanyanya.

Menyalakan AC pada suhu yang sangat dingin, misalnya 16 derajat Celcius, juga membuat listrik jadi boros. Normalnya AC disetel pada suhu 24 derajat Celcius. Setiap penurunan 1 derajat Celcius, konsumsi listrik AC bertambah 6%.

"Penurunan 1 derajat AC itu menambah listrik 6 persen. Jadi kalau 16 derajat Celcius itu menambah listrik sampai 48 persen. Kenapa nggak menyalakan AC 30 menit sebelum tidur saja? Itu juga sudah membuat kamar sejuk," tukasnya.

Untuk mengusir vampir energi dari rumah, caranya sederhana saja, ubah kebiasaan-kebiasaan memboroskan energi seperti yang sudah dijelaskan di atas. "Semuanya kembali pada kesadaran kita," tutupnya

Merasa artikel ini bermanfaat? Jangan ragu SHARE ke teman-temanmu juga ya! Untuk artikel menarik dan bermanfaat lainnya, bisa LIKE fanspage kami,

6 Comment for "PLN Takut Kita Tahu ! Ternyata Tanpa Sadar Penghisap Listrik Ini Banyak Tersebar Di Rumah Kita"

Back To Top